Kipas Batik

souvenir kipas batik bulat
kipas batik
Apakah anda suka mengoleksi kipas tanagan? Anda tentu sudah punya banyak beberapa jenis kipas tangan dengan berbagai variasi motif. Namun sudahkah anda memiliki kipas batik? Jika belum, tidak ada salahnya anda membeli kipas jenis ini sebagai pelengkap koleksi anda. Pada umumnya kipas batik mengadopsi berbagai motif batik yang ada di seluruh Nusantara. Sangat banyak motif yang digunakan, seperti batik Cirebon, Solo, Madura, dan lain-lain. Hal ini tentu membuat tampilan kipas batik menjadi lebih variatif dan memiliki sisi keindahan tersendiri.
Dewasa ini industri kipas batik telah menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Masyarakat rupanya telah mulai menyadari akan pentingnya budaya Indonesia seperti batik. Ya, kipas batik tentunya berpengaruh cukup besar dalam menjaga dan melestarikan budaya batik yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Selain itu, penggunaan kipas batik juga bisa berdampak positive bagi peningkatan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat luas. Bukan tidak mungkin bangsa Indonesia bisa mengenalkan kebudayaan leluhur pada turis asing melalui salah satu kerajinan tangan yaitu kipas batik.
Seperti yang telah dijelaskan di atas, kipas batik bukan hanya digunakan untuk mengusir hawa panas atau fashion semata. Namun kipas batik juga bisa membantu melestarikan budaya Indonesia sehingga bisa terus berkembang dan tidak mudah digerus oleh jaman. Hal ini ternyata berdampak cukup efektif. Meskipun telah banyak ditawarkan berbagai kipas dengan teknologi super canggih, namun nyatanya masih banyak kalangan masyarakat yang memilih kipas batik untuk digunakan.
Sebagai bangsa Indonesia yang baik, kita tentunya harus membantu menjaga dan melestarikan budaya kita sendiri. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membeli kipas batik. Setidaknya kita bisa mengenalkan pada masyarakat awam atau turis asing mengenai nilai keindahan yang terdapat pada kipas batik. Nah bagaimana, apakah anda tertarik untuk membeli kipas batik? Umumnya saat ini kipas batik telah banyak dijual dan sangat mudah ditemukan. Bahkan ada pula beberapa produsen yang telah menyalurkan kipas batik ke beberapa daerah di luar negeri.