Souvenir pernikahan

Sovenir pernikahan adalah ucapan terima kasih yang bisasa diberikan oleh penyelenggara pernikahan kepada orang-orang yang datang dalam acara pernikahan. Ini bisa diibaratkan sebagai tanda terima kasih atas kedatangan mereka. Karena apalah artinya acara resepsi pernikahan jika tidak ada orang yang datang dalam acara tersebut.
Souvenir pernikahan saat ini memiliki beraneka macam jenis. Jumlahnya bisa mencapai ribuan atau bahkan ratusan ribu. Sebuah situs souvenir pernikahan saja (misalnya: DANI-CRAFT) bisa memiliki ratusan jenis souvenir. Apalagi jika digabungkan dengan vendor2 souvenir pernikahan lainya.
Diantara ribuan jenis souvenir pernikahan itu, tentu kita sudah mengenal akan souvenir pernikahan berbentuk kipas souvenir. Dari pengamatan penulis, kipas souvenir adalah jenis souvenir pernikahan yang cukup lama ada dan cukup banyak penggunanya. Mungkin jika kita gunakan rumus: lama penggunaan X jumlah pengguna, souvenir kipas bisa mempunyai nilai terbesar dari souvenir pernikahan lainnya.
Kecenderungan orang untuk menggunakan souvenir kipas bisa dikarenakan beberapa hal antara lain:
1. Simpel
Souvenir kipas memiliki bentuk yang unik dan sederhana.
2. Harganya murah
Harga souvenir pernikahan berbentuk kipas ini boleh dikatakan cukup murah. Bagaimana tidak, sebuah situs souvenir pernikahan sekelas DANI-CRAFT bisa menjual dengan harga mulai seribuan rupiah. Itu hanya seharga sekali parkir ditempat umum.
3. Memiliki nilai guna
Sesuai dengan namanya souvenir kipas bisa digunakan untuk kipas-kipas. Memberikan souvenir kipas kepada tamu undangan di cuaca yang sering panas seperti sekarang ini, tentu bisa membantu mengurangi 'penderitaan' mereka.
4. Mudah dibawa
Souvenir kipas bisa dilipat untuk membuatnya mudah dibawa kemana2. Dan dengan mudah dapat direntangkan untuk memulai tugasnya 'mendinginkan suasana'.
5. Bisa ditambahi nama pengantin
Bagi orang yang kita beri, mungkin ini tidak terlalu 'ngefek', tapi mencantumkan nama kita di souvenir pernikahan ini bisa membuat kita lebih terkenal. Yah, itung2 'tp-tp' dengan media souvenir pernikahan.