Souvenir Pernikahan

Seperti yang kita ketahui, souvenir pernikahan bukan hal yang baru lagi dalam sebuah acara pernikahan. Tapi kali ini kita tidak sedang membicarakan awal mula souvenir pernikahan mulai digunakan. Dengan semakin umumnya souvenir pernikahan digunakan di kalangan masyarakat kita, sebuah acara pernikahan akan menjadi agak berbeda jika tidak ada souvenir pernikahan. Ibarat sebuah hidangan, souvenir pernikahan dapat diandaikan sebagai sambalnya. Memang tanpa sambal kita bisa makan kenyang. Tapi tanpa sambal, beberapa orang mungkin akan berkata: "kurang mangstab".

Lantas bagaimana tips mendapatkan souvenir pernikahan? Berikut ini tipsnya:
1. Cari produsen langsung souvenir pernikahan
Dengan mencari produsen langsung, kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Yang pertama kemudahan dalam pemesanan. Yang kedua, kita bisa mendapatkan keringanan dari segi harga. Bagi yang belum pernah belajar prinsip-prinsip ekonomi pun pasti sudah tahu bahwa harga barang dari produsen atau agen langsung tentu harganya lebih miring daripada tangan-tangan berikutnya.
2. Cari vendor yang menyediakan banyak souvenir pernikahan.
Dengan memilih vendor yang banyak menyediakan souvenir pernikahan, kita bisa mendapat kebebasan dalam memilih souvenir pernikahan. Sehingga, kalau perlu cari produsen yang memiliki ratusan koleksi souvenir pernikahan.
3. Pesan souvenir pernikahan jauh-jauh hari.
Tidak seperti merchandise piala dunia atau mug-mug bergambar warna warni yang sudah ada stoknya, souvenir pernikahan terkadang memerlukan proses produksi. Memang ada beberapa souvenir pernikahan yang sudah di stok, namun begitu dengan pesan jauh-jauh hari, kita memiliki waktu aman untuk pengiriman (jika kita berada di kota yang berbeda dari vendornya). Selain itu, dengan memesan jauh-jauh hari, kita bisa mendapatkan kebebasan dalam memilih souvenir pernikahan. Hal ini disebabkan karena adakalanya sebuah souvenir pernikahan yang unik membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama daripada souvenir pernikahan yang lainnya.
4. Libatkan keluarga
Pelibatan keluarga dalam memilih souvenir pernikahan sebenarnya bisa dimasukkan dalam peribahasa pisau bermata dua. Mengapa? Pertama dengan melibatkan keluarga, semua anggota keluarga akan merasa puas dengan pemesanan souvenir karena "suaranya" turut menentukan pembelian souvenir pernikahan. "Nguwongke" kata orang jawa, alias menggap ada dan menghormati. Namun ini juga bisa menjadi masalah manakala anggota keluarga anda berkarakter "ngototan". Bisa-bisa niat baik untuk menghormati tadi malah menimbulkan percekcokan. Tentu kita perlu menilik kira-kira anggota2 keluarga kita rawan atau aman akan hal ini.
5. Pilih souvenir pernikahan unik atau berguna
Dengan memilih souvenir pernikahan yang berguna, kita bisa menghindari souvenir pernikahan kita berakhir di tempat sampah. Orang tentu enggan menyimpan souvenir pernikahan yang tidak berguna apalagi yang tidak unik. Dengan memilih souvenir pernikahan yang unik atau berguna, tamu undangan yang mendapatkannya tentu akan merasa sayang untuk membuangnya. Bahkan mungkin sebagian dari mereka justru malah akan mengkoleksinya, dipajang di lemari atau di dekat meja tamu. Dan tentunya di souvenir pernikahan tercantum kita dan pasangan bukan? Kalau sudah begitu, kita juga kan yang akan terkenal. Sebuah manfaat yang tak terduga dari pemilihan souvenir pernikahan yang cerdas.